RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
oleh : Septiana Tri Kusuma
Nama Sekolah :
SDN Maju
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas :
1 (Satu)
Semester :
I (Satu)
Hari/Tanggal :
Jum’at, 17 Mei 2013
Alokasi Waktu :
20 Menit
A. Standar Kompetensi
1. Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
C. Indikator
1.
Menjelaskan hidup rukun
2.
Menyebutkan 2 ciri perbedaan laki-laki
dan perempuan dengan benar
3.
Mencontohkan 6 tempat ibadah agama yang
ada di Indonesia dengan benar
4.
Menyebutkan 6 agama yang ada di
Indonesia dengan benar
5.
Menyebutkan 2 suku bangsa yang ada di
Indonesia dengan benar
D. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
melakukan permainan, siswa dapat menjelaskan arti hidup rukun dengan benar
2. Setelah
mendapat penjelasan dari guru, siswa
dapat menyebutkan 2 ciri perbedaan laki-laki dan perempuan dengan benar
3. Setelah
mendapat penjelasan dari guru, siswa dapat mencontohkan 6 tempat ibadah agama
yang ada di Indonesia dengan benar
4. Setelah
mendapat penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan 6 agama yang ada di
Indonesia dengan benar
5. Setelah
mendapat penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan 2 suku bangsa yang ada
di Indonesia dengan benar
E. Materi Pembelajaran
Hidup rukun
F. Pendekatan, Model, Metode
Pendekatan : PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kratif,
Menyenangkan)
Model :
Kooperatif
Metode :
Ceramah, Games, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (5 menit)
a. Mengkondisikan
siswa(memberikan motivasi, memusatkan perhatian siswa)
b. Melakukan
apersepsi berupa tanya jawab sekitar kehidupan.
2. Kegiatan
Inti (10 menit)
a. Guru
menjelaskan tentang perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa dengan
melibatkan siswa di kelas sebagai contoh.
b. Guru
mengajak beberapa siswa bermain simulasi tentang kerukunan, sedang siswa
lainnya sebagai pengamat dan penggembira.
c. Guru
memanggil 12 siswa sebagai pemain, dengan ketentuan:
- 1 tim terdiri dari 3 anak terdiri dari
siswa dengan jenis kelamin yang berbeda, agama yang berbeda, dan suku bangsa
yang berbeda
- Pada setiap tim, 1 orang berperan
sebagai orang yang bisu, dan 2 orang lainnya sebagai orang buta dengan ditutup
matanya
- Setiap tim berbaris, dengan urutan
terdepan si bisu, diikuti si buta di belakangnya.
d. Keempat
tim diminta untuk melewati halang rintang yang telah disiapkan guru ke arah
tertentu dan bersaing untuk menyelesaikan tantangan yang telah disiapkan guru
dengan menghubungkan media gambar peta kerukunan. Siswa yang lain menjadi
pengamat dan penggembira.
e. Setelah
selesai pertandingan, guru dan siswa berdiskusi bersama tentang permainan yang
telah dilakukan dan dihubungkan dengan hidup rukun.
3. Kegiatan
Akhir (5 menit)
a. Siswa
dengan bantuan guru merangkum materi pelajaran
b. Mengadakan
evaluasi (tes tertulis)
H. Media dan Sumber
1. Media
- Penutup
mata/slayer
- Rafia
sebagai halang rintang
- Peta Kerukunan dan kertas kuis
2. Sumber
BSE PKn Kelas I
Bahan Ajar PKn Kelas I
I.
Penilaian
1.
Penilaian Kognitif
a. Teknik
Penilaian : Tes tertulis
b. Rubrik
penilaian
No.
|
KD
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
|
Nomor Butir
|
|||||||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||||||||
1.
|
1.2 Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
|
1. Menjelaskan
hidup rukun
2. Menyebutkan
2 ciri perbedaan laki-laki dan perempuan dengan benar
3. Mencontohkan
6 tempat ibadah agama yang ada di Indonesia dengan benar
4. Menyebutkan
6 agama yang ada di Indonesia dengan benar
5. Menyebutkan
2 suku bangsa yang ada di Indonesia dengan benar
|
|||||||||||
No. Soal
|
Rubrik Penilaian
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Skor 2, jika siswa menyebutkan
jawaban benar.
Skor 2, jika siswa menyebutkan
jawaban benar.
Skor 2, jika siswa menyebutkan
jawaban benar.
Skor 2, jika siswa menyebutkan
jawaban benar.
Skor 2, jika siswa menyebutkan
jawaban benar.
|
Pedoman Penilaian :
Nilai : Skor perolehan x 1
2. Penilaian
Afektif
a. Teknik
Penilain : pengamatan
b. Rubrik
Penilaian
No.
|
Aspek yang Diamati
|
Rubrik
|
1.
|
Kerukunan
|
Skor
4, jika siswa bergaul dengan semua teman kelasnya secara rukun tanpa
membedakan sebesar 100 %
Skor
3, jika siswa bergaul dengan semua teman kelasnya secara rukun tanpa
membedakan sebesar 75 %
Skor
2, jika siswa bergaul dengan semua teman kelasnya secara rukun tanpa
membedakan sebesar 50%
Skor
1, jika siswa bergaul dengan semua teman kelasnya secara rukun tanpa
membedakan sebesar 25 %
|
3. Kriteria
Ketuntasan Minimal
Kegiatan
pembelajaran berhasl apabila 75 % dari siswa mencapai nilai minimal 7 dan
memperoleh skor rata-rata minimal pada penilaian kognitif dan afektif.
J.
Lampiran
· Bahan
Ajar
· Silabus
· Lembar
Evaluasi
Yogyakarta, 17 Mei
2013
Septiana Tri Kusuma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar